Sabtu, 28 Agustus 2010

Bukittinggi - The Dream Land Of Sumatera

Bukittinggi yang terkenal sebagai kota pusat pengembangan pariwisata di Sumatera Barat, memiliki alam yang indah dengan dikenal dengan sebutan Bukittinggi Kota Wisata yang dicanangkan Gubernur Sumatera Barat Bapak Ir. Azwar Anas tanggal 11 Maret 1984. Lembahnya yang sangat terkenal ialah Ngarai Sianok yang terletak pada sisi barat kota Bukittinggi dengan kedalaman 100 m serta mempunyai kemiringan antara 80° - 90° yang menjadi daya tarik pariwisata, disamping Jam Gadang yang dibangun Controleur Rook Maker tahun 1926 dengan latar belakang tiga gunung yaitu: Gunung Merapi, Gunung Singgalang, dan Gunung Sago sehingga pernah populer dengan sebutan Tri Arga sebagai julukan untuk daerah ini.
Wilayah Kota Bukittinggi dikelilingi oleh Kabupaten Agam, dengan batas-batas:

  • Utara : dengan Nagari Gadut dan Kapau Kecamatan TilatangKamang
  • Selatan : dengan Nagari Taluak Kecamatan Banuhampu Sungai Puar
  • Barat : dengan Nagari Sianok, Tabek Sarojo, Guguak, Koto Gadang, Kecamatan IV Koto
  • Timur : dengan Nagari Ampang Gadang Kecamatan IV Angkat Canduang 
Wilayah Kota Bukittinggi terletak antara 100, 21° - 100, 25° Bujur Timur dan 00,17° - 00,19° lintang selatan dengan ketinggian 909 -941 m diatas permukaan laut, berhawa sejuk dengan suhu antara min 16,1 ° - 24,9° max. Kontur tanah bergelombang, terdiri dari bukit-bukit dan lembah-lembah, dengan luas wilayah 25,239 km2 yang terdiri dari 27 bukit yang populer.

Berikut Adalah Beberapa Keindahan Yang Ada Di Kota Bukittinggi :

Ngarai Sianok
 Ngarai Sianok atau Lembah Pendiang merupakan suatu lembah yang indah, hijau dan subur. Didasarnya mengalir sebuah anak sungai yang berliku-liku menelusuri celah-celah tebing dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Singgalang.








Jembatan Limpapeh
 Sebagai penghubung antara Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan dengan Benteng Fort De Kock maka terdapat sebuah Jembatan yang bernama Jembatan Limpapeh.








Taman Marga Satwa Kinantan
Taman Marga aman Marga Satwa dan Budaya Kinantan atau lebih dikenal dengan sebutan Kebun Binatang. Obyek wisata ini merupakan kebun binatang tertua di Indonesia. Di tengah lokasi wisata ini terdapat Museum Kebudayaan berbentuk rumah adat Minangkabau, Museum Zoologi dan tempat bermain anak-anak.





Taman Monumen Bung Hatta
  Taman ini terletak di tengah Kota Bukittinggi disamping istana Bung Hatta, dibangun dalam rangka memperingati satu abad kelahiran Proklamator Bung Hatta 12 Agustus 2002









Masih banyak lagi Tempat Wisata yang lain di Bukittinggi 
Seperti :
- Panorama Baru
- Benteng Ford De Kock
- Lubang Jepang
- Museum Tradisional Minangkabau
- Rumah Adat Pagaruyuang
- Jam Gadang

Dan Beberapa Wisata Belanja dan Kuliner di Bukittinggi 
Seperti :
- Kerupuk Sanjai
- Pasar Los Maco
- Pasar Banto
- Los Lambuang
dan bnyak lagi tempat wisata yang lain, tunggu updatetan selanjutnya ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar